Makanan Ibu Menyusui Agar Bayi Cepat Gemuk dan Tidak Mudah Sakit

Makanan Ibu Menyusui Agar Bayi Cepat Gemuk dan Tidak Mudah Sakit – Mendapati bayinya memiliki bobot dibawah normal memang cukup menyedihkan. Bahkan beberapa orang tua mengalami frustasi dan bingung mencari cara agar bobot bayinya normal. Sebab ketika berat badan bayi di bawah normal, kondisinya akan memudahkannya mengalami infeksi, terjangkit berbagai penyakit, dan perkembangannya terhambat. Dari proses menyusui, kita bisa berusaha menaikan berat badan buah hati kita. Yakni dengan mengonsumsi makanan sehat.

Makanan yang dikonsumsi ibu menyusui efeknya juga bisa dirasakan si kecil. Maka dari itu memilih makanan kaya nutrisi amat penting agar bobot badan bayi lebih mudah bertambah. Bayi juga tidak mudah sakit jika berat badannya terjaga. Makanan tersebut berasal dari buah, sayuran, hingga daging-dagingan. Nah, jika anda penasaran apa saja makanan untuk ibu menyusui agar bayi mudah gemuk, berikut ini beberapa rekomendasinya yang bisa anda coba.

Berbagai Makanan Ibu Menyusui 

1. Pisang

Pisang merupakan sumber karbohidrat, kalium, vitamin, dan serat. Mengonsumsi pisang mampu memberikan manfaat dari zat tersebut. Untuk ibu menyusui pun begitu bagus agar kandungan ASI nya mampu menambah bobot si kecil. Pottasium dan kalium-nya juga baik untuk memaksimalkan asupan nutrisi si kecil. Konsumsi 2-3 buah setiap hari. Jika anda bosan mengonsumsinya dengan cara biasa, cobalah buat menjadi smoothies atau menu lainnya.

2. Roti gandum

Kandungan serat dan karbohidrat roti gandum begitu tinggi. Anda bisa mengonsumsinya sebagai pengganti nasi. Kadar kalorinya yang tinggi mampu menutrisi ASI sehingga lebih optimal menggemukan berat badannya. Anda bisa mengonsumsi roti gandum dengan selai atau susu setiap hari. Jika bosan dengan nasi atau bahan makanan pokok lain, roti gandum ini bisa menjadi pilihan anda.

Baca Juga :  5 Tanda Gigi Bayi Mau Tumbuh

3. Daging ayam

Kandungan protein pada daging ayam cukup tinggi. Nutrisi tersebut mampu menambah bobot bayi melalui ASI. Kadar kalori dari daging ayam juga cukup tinggi. Selain itu jenis daging ini juga rendah kolesterol sehingga aman dikonsumsi siapapun. Untuk mengonsumsinya, kita bisa memanggang atau mengukusnya. Pilih daging ayam tanpa lemak untuk memaksimalkan asupan proteinnya.

4. Bayam

Dari jenis sayuran seperti bayam pun, kita bisa menambah bobot bayi melalui ASI. Kandungan zat besi dari bayam begitu tinggi. Selain mampu mengalirkan darah lebih lancar, zat besi juga baik untuk pencernaan. Jika ASI mengandung zat besi, mudah bagi bayi dalam mendapatkan bobot yang bertambah. Bayi menjadi lebih mudah gemuk melalui asupan ASI tersebut.

5. Susu

Di dalam susu terkandung protein dan lemak. Kita bisa menggemukan bayi melalui penambahan protein dan lemak pada ASI. Selain susu sapi murni, ibu menyusui juga bisa mengonsumsi susu khusus menyusui untuk mendapatkan asupan tersebut. Pastikan konsumsi susu secara teratur. Susu juga bagus untuk menambah energi ibu menyusui agar selalu terjaga dan tidak mudah lemas.

Itu dia beberapa rekomendasi makanan yang bisa dikonsumsi ibu menyusui agar bobot si kecil naik signifikan. Semoga bermanfaat.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *