5 Resep MPASI Buah Perdana Untuk Bayi 6 Bulan

5 Resep MPASI Buah Perdana Untuk Bayi 6 Bulan – Pada sesi MPASI perdana, banyak orang tua yang bingung dalam memberikan menu yang tepat. Buah merupakan bahan makanan paling tepat untuk mengalami sesi MPASI bayi. Ketika masuk usia 6 bulan, MPASI memang wajib diberikan. Tujuan utamanya agar bayi mendapatkan asupan nutrisi yang cukup seiring bertambahnya usianya. Buah dianggap memiliki tekstur yang baik dan mudah dicerna. Selain itu rasanya juga masih cukup ramah untuk yang baru mengenal makanan selain ASI.

Namun tidak semua jenis buah bisa kita berikan.Bagi yang bingung mencari resep MPASI perdana, anda bisa mencoba beberapa rekomendasi di bawah ini. buah-buahan yang dihadirkan memiliki rasa yang manis dan tidak terlalu asam. Selain itu secara nutrisi juga sangat bagus. Sebab didalamnya terdapat antioksidan, vitamin C, serat hingga air. Nah bagi yang penasaran bagaimana membuatnya, berikut resep MPASI buah perdana untuk bayi usia 6 bulan. 

Resep MPASI Buah Perdana

1. Pisang lumat

Menu pisang lumat sudah dikenal sejak zaman dulu. Pisang memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang cocok untuk menstimulasi lidah si kecil. Pastikan berikan menu satu ini ketika si kecil sudah benar-benar di usia yang tepat agar tidak mengganggu pencernaannya. Jika sudah masuk usia 6 bulan, lumatkan pisang ambon atau pisang impor. Kemudian suapkan pada si kecil. pastikan rasa pisang tidak asam agar tidak mengganggu lambungnya.

2. Pure alpukat susu

Lemak nabati yang dimiliki alpukat begitu bagus untuk perkembangan si kecil. Tekstur alpukat juga mudah ditelan. Cobalah kerok setengah belah alpukat dan tambahkan susu formula atau ASI. Haluskan hingga benar-benar lumat dan cobalah berikan ke si kecil. Beberapa bayi menolak makan alpukat karena terdapat sedikit rasa pahit. Namun berikan sedikit demi sedikit agar bayi terbiasa dengan rasanya.

Baca Juga :  5 Manfaat Bedong Bagi Bayi

3. Pure apel dan pir

Kandungan vitamin C pada apel dan pir begitu bagus untuk daya tahan si kecil. Rasa sedikit masam dan manisnya mampu memperkenalkan secara lebih luas aneka jenis makanan bagi si kecil. Kukus apel dan pir sampai lunak. Tujuannya agar tekstur keduanya mudah dicerna bayi. Setelah dikukus, lumatkan dengan saringan kawat. Air yang tersaring inilah yang diberikan untuk si kecil.

4. Pure labu kuning

Rasa manis dari labu kuning begitu disukai si kecil. Nutrisinya juga sangat berlimpah. Karbohidrat, vitamin, mineral dan antioksidan tersedia dalam bahan makanan ini. Membuat pure labu kuning hampir sama dengan poin ke-tiga. Kukur labu kuning hingga lunak. Setelah itu haluskan dengan memasukannya ke saringan kawat dan menekan-nekannya dengan sendok. Hasil saringan inilah yang akan dimakan si kecil.

5. Jus buah naga

Buah naga bisa menjadi varian lain makanan perdana si kecil. Kandungan antioksidan dan vitamin C nya begitu bagus untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Selain itu, anda bisa mendapati pencernaannya yang lebih lancar sehingga mencegah risiko sembelit. Untuk mengolahnya tidak perlu dikukus. Cukup lumatkan dengan punggung sendok karena teksturnya sudah cukup lembut. Rasa manis dan sedikit asamnya akan membuat si kecil lebih banyak bertualang dalam rasa makanan.

Itu dia beberapa rekomendasi resep MPASI buah untuk makan perdana si kecil. Semoga si kecil suka dan perkembangannya semakin optimal.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *