5 Tanda Gigi Bayi Mau Tumbuh

5 Tanda Gigi Bayi Mau Tumbuh – Pertumbuhan gigi bayi memang menjadi hal yang membahagiakan sekaligus mengkhawatirkan. Membuat bahagia sebab bisa menjadi tanda bahwa bayi mengalami pertumbuhan yang baik. namun terkadang orang tua khawatir jika gigi bayi hendak tumbuh. Sebab pertumbuhan gigi akan dibarengi dengan gejala yang mengkhawatirkan. Mulai dari demam, gatal, rewel, dll. Kebanyakan tanda gigi mau tumbuh memang begitu mirip dengan beberapa penyakit tertentu. Hal ini membuat orang tua sedikit terkecoh.

Tanda-tanda tersebut merupakan reaksi alami dari perubahan saraf di gusi dan sekitar mulut. Banyak yang kurang tepat dalam menanganinya padahal pertumbuhan gigi adalah hal yang wajar. Jika gigi sudah mulai tumbuh, perlahan tanda tersebut akan menghilang. Bagi orang tua yang masih rancu membedakan tanda tumbuh gigi dengan kondisi sakit seperti biasa, anda mesti memperhatikannya lebih jeli lagi. Di bawah ini akan diuraikan lebih lanjut untuk tanda gigi bayi akan tumbuh.

Tanda Gigi Bayi Akan Tumbuh

1. Mengeces

Bayi mulai sering mengeces karena produksi air liurnya bertambah. Produksi air liur yang bertambah disebabkan karena reaksi alami dari gigi yang hendak tumbuh. Bahkan beberapa kasus ada yang memberikan gejala ruam di sekitar dagu, leher, serta mulut. Air liur yang membasahi wajah bayi akan membuatnya mengalami hal tersebut. Meskipun normal, sebaiknya sediakan selalu kain lembut stelir atau tisu basah untuk membersihkan air liur bayi.

2. Batuk atau muntah

Ketika gigi hendak tumbuh, beberapa otot dan saraf mengalami reaksi tertentu. Sementara bayi belum bisa sepenuhnya mengendalikan otot dan saraf di area tenggorokan dan mulutnya. Dari reaksi tersebut bayi akan mudah tersedak air liur, batuk, hingga muntah. Jangan khawatir terlebih dulu. sebab batuk dan muntah karena hendak tumbuh gigi tidak akan disertai gejala flu, demam dan diare.

Baca Juga :  5 Resep MPASI Buah Perdana Untuk Bayi 6 Bulan

3. Suka mengigit

Mulai muncul kebiasaan suka mengigit disebabkan karena bayi mengalami tekanan di bagian gusinya. Tekanan tersebut merupakan reaksi alami dari tumbuhnya gigi. Hal ini membuat rasa tidak nyaman di mulut si kecil. Anda bisa menyelipkan jari yang bersih ke ujung bibirnya jika bayi mulai mengigit ketika menyusu. Jika sudah hendak mengigit benda lainnya, lapisi benda tersebut dengan kain lembut.

4. Sering bangun di malam hari

Karena merasa kurang nyaman di bagian gusi, bayi akan lebih sering terbangun di malam hari. Rasa gatal dan sakit di gusi tidak hanya diderita pada pagi dan siang saja. jika bayi sudah mulai sering terbangun di malam hari tanpa alasan ingin minum ASI atau mengompol, berarti tanda giginya mau tumbuh sedang dirasakannya.

5. Menarik-narik telinga dan menggaruk pipi

Ini merupakan reaksi alami dari si kecil. Rasa gatal pada gusinya membuat bayi berkeinginan menggaruk area sekitar karena tidak mampu menjangkau bagian gusi secara langsung. Agar tidak menimbulkan lecet pada pipi dan telinga, cobalah alihkan perhatian si kecil dengan menawarkan mainan lainnya. Pastikan kuku bayi tidak panjang dan senantiasa bersih.

Selain tanda diatas, beberapa tanda lain seperti susah makan, demam, dan kerap memasukan tangan ke mulut juga bisa anda identifikasi. Jangan panik terlebih dulu. Sebab tanda diatas akan hilang jika gigi bayi mulai perlahan tumbuh. 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *