Ciri-ciri Bayi Alergi Susu Formula

Ciri-ciri Bayi Alergi Susu Formula – Sebuah alergi biasanya akan dimunculkan dengan reaksi tertentu. Seperti halnya ketika bayi mengalami alergi susu formula. Susu formula biasanya dijadikan sebagai alternatif jika ibu tidak mampu memberikan ASI. Atau bisa menjadi pendamping ketika bayi sudah mulai proses MPASI. Namun seringkali bayi mengalami alergi susu formula. Bisa jadi alerginya disebabkan karena tubuh si kecil mengeluarkan reaksi intoleransi terhadap susu sapi. Seperti yang diketahui bahwa sebagian besar susu formula dibuat dari bahan dasar susu sapi.

Oleh sebab itu beberapa kasus menunjukan intoleransi terhadap protein dari susu sapi ini. Baik melalui kulit, pencernaan, pernafasan, hingga reaksi umum lainnya. Jika tidak tanggap, alergi susu formula akan mengganggu pertumbuhan si kecil. sebab alergi tersebut membuat susu formula tidak diasup sempurna ke tubuh. bahkan bisa menimbulkan sejumlah masalah baru dari berbagai reaksi yang ditimbulkannya. Nah jika anda penasaran apa saja ciri bayi yang mengalami alergi susu formula, berikut ini beberapa ciri-ciri lengkapnya.

Berbagai Ciri Alergi Susu Formula

1. Masalah kulit

Anda bisa mengidentifikasi bagaimana reaksi kulit bayi selepas minum susu formula. Alergi biasanya akan diperlihatkan dari kondisi kulit. Jika terjadap gatal-gatal, ruam, bengkak, tanpa disebabkan karena faktor bakteri, bisa jadi bayi memang alergi terjadap susu formula. Anda bisa memastikan apakah reaksi tersebut penyakit kulit atau alergi susu formula dengan mengidentifikasi ciri lainnya berikut ini.

2. Masalah pencernaan

Alergi susu formula bisa dilihat dari bagaimana reaksi pencernaannya. reaksi pencernaan merupakan reaksi normal yang bisa dihadirkan melalui asupan susu formula. Jika bayi memberikan reaksi konstipasi, sembelit, kembung, diare, mual dan muntah, bisa jadi susu formula tersebut tidak cocok. Reaksi tersebut juga bisa menjadi bentuk penolakan alami terhadap asupan susu formula.

Baca Juga :  Tips Memberikan Susu Formula Pada Bayi

3. Masalah pernafasan

Alergi susu formula juga bisa dilihat dari bagaimana sistem pernafasannya. Jika bayi sering batuk, suara nafasnya begitu keras, hidung berair, dan menunjukan gejala kedinginan, berarti tubuhnya sedang bereaksi keras terhadap susu formula tersebut. Anda bisa menyimpulkan gejala alergi ini dengan melihat bagaimana pencernaannya dan beberapa gejala umum lainnya.

4. Masalah umum lainnya

Alergi susu formula bisa dilihat dari gejala umum lainnya. Misalnya bayi menjadi lebih rewel, sering gelisah, lesu, dan berat badannya sulit meningkat. Perhatikan gejala tersebut dan cobalah hentikan pemberian susu formula beberapa saat. Jika memang reaksinya tidak lagi dikeluarkannya, berarti susu tersebut menimbulkan alergi pada si kecil. Anda bisa beralih ke merk lain atau memberikannya sumber kalsium lainnya.

Nah itu dia sejumlah ciri-ciri jika bayi alergi susu formula. Anda bisa mengganti merk lainnya atau konsultasi dengan dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *