Dosis dan Aturan Pakai Obat Naproxen


Dosis dan Aturan Pakai Obat Naproxen -Obat Naproxen merupakan jenis obat yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit, seperti sakit kepala, nyeri otot, tendinitis, sakit gigi, dan kram saat haid. Obat naproxen juga memiliki khasiat untuk mengurangi rasa nyeri, bengkak, dan masalah persendian yang kaku yang disebabkan oleh arthritis, bursitis dan asam urat. Obat ini termasuk dalam obat anti inflamasi non steroid atau NSAID yang bekerja menghambat produksi zat tertentu yang mengakibatkan peradangan dalam tubuh.

Akan tetapi, untuk pengobatan penyakit kronis seperti arthritis, sebaiknya konsultasikan dengan Dokter mengenai perawatan non obat dan menggunakan obat lain untuk pengobatan. Dosis dan Aturan Pakai Obat Naproxen akan diulas lebih lanjut :

Dosis Pemakaian Obat Naproxen

Obat naproxen tersedia dalam 2 tipe, yaitu naproxen biasa dan naproxen sodium. Naproxen biasa memiliki bentuk tablet lepas langsung, lepas lambat, atau suspensi yang diminum. Sedangkan naproxen sodium berupa tablet lepas langsung dan lepas lambat. Obat ini digunakan untuk meredakan rasa nyeri dan radang dalam kondisi yang bervariasi. Obat naproxen tersedia sebagai obat yang dijual bebas diluar.

Dosis dan Aturan Pakai Obat Naproxen dalam kondisi rheumatoid arthritis pada anak-anak dan remaja diatas 5 tahun memiliki dosis 10 mg/kgBB per hari yang dibagi dalam 2 jadwal konsumsi. Dalam kondisi rheumatoid arthritis, Osteoarthritis, dan Ankylosing spondylitis dosis pemakaian obat naproxen adalah 500 mg hingga 1 gram per hari dengan dibagi menjadi 2 jadwal konsumsi.

Untuk pengobatan penyakit asam urat, dosis pemakaian obat naproxen dengan dosis awal sebanyak 750 mg. Lalu dilanjutkan dengan dosis sebanyak 250 mg setiap jam hingga rasa nyeri reda. Dalam kondisi nyeri otot, nyeri sendi, dan nyeri saat haid aturan pemakaian obat naproxen dengan dosis awal sejumlah 500 mg dan dilanjutkan dengan dosis 250 mg setiap 6 hingga 8 jam sesuai kebutuhan. Perlu diketahui, dalam kondisi ini dosis maksimal pemakaian obat naproxen adalah 1250 mg per hari.

Baca Juga :  Fungsi dan Aturan Pakai Acetaminophen

Bagi pasien memiliki sakit maag, disarankan mengkonsumsi obat naproxen bersama dengan susu, makanan, maupun antasida. Dosis dan Aturan Pakai Obat Naproxen disesuaikan dengan kondisi medis dan respon tubuh terhadap pengobatan. untuk mengurangi risiko perdarahan perut dan efek samping lainnya, sebaiknya penggunaan naproxen dalam jumlah dosis yang rendah dan tidak meningkatkan dosis naproxen melebihi apa yang dianjurkan.

Pada kondisi arthritis yang masih berlangsung, lanjutkan konsumsi naproxen sesuai dengan anjuran dari Dokter. Akan tetapi, untuk kondisi tertentu, pengobatan arthritis membutuhkan waktu selama 2 minggu dengan mengkonsumsi naproxen secara rutin.

Sangat disarankan Dosis dan Aturan Pakai Obat Naproxen sesuai anjuran dari Dokter dan baca petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan obat naproxen. Obat ini dianjurkan untuk dikonsumsi saat makan atau segera setelah makan. Untuk lansia, disarankan untuk rutin memeriksakan ke Dokter selama mengkonsumsi obat naproxen agar kondisi kesehatan tubuh tetap dalam pengawasan Dokter dan dapat terpantau.

Pastikan untuk mengkonsumsi obat naproxen pada jam yang sama dalam setiap harinya supaya mendapatkan hasil pengobatan yang maksimal. Pastikan juga terdapat jarak waktu yang cukup antara dosis pertama dengan dosis selanjutnya. Usahakan menyimpan obat naproxen di tempat yang sejuk, kering, dan terhindar dari sinar matahari langsung, dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Efek Samping Penggunaan Obat Naproxen

Segera hubungi tim medis jika mengalami tanda-tanda sebagai reaksi alergi akibat mengkonsumsi obat naproxen, seperti gatal-gatal, sulit bernafas, pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, maupun pembengkakan pada tenggorokan.

Sebaiknya hentikan penggunaan obat naproxen dan segera hubungi Dokter, apabila mengalami nyeri dada, letih, sesak nafas, sulit untuk bicara, masalah pada penglihatan atau keseimbangan. Efek samping yang ditimbulkan dapat juga mengakibatkan tinja hitam atau berdarah, bentuk darah atau muntah tampak seperti bubuk kopi. Kenaikan berat badan yang cepat, jarang buang air kecil atau tidak sama sekali.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Selain itu, dapat memicu mual, nyeri perut bagianatas, gatal-gatal, kehilangan nafsu makan, urin berwarna gelap, tinja berwarna tanah liat, sakit kuning, memar, kesemutan parah, mati rasa, kelemahan otot, demam, sakit kepala, leher kaku, peningkatan sensitivitas terhadap cahaya, munculnya bintik-bintik keunguan pada kulit, kejang.

Efek samping yang terjadi pada kulit, seperti pembengkakan wajah, lidah, rasa terbakar di bagian mata, nyeri kulit diikti dengan ruam-ruam merah atau ungu yang menyebar terutama pada bagian wajah atau tubuh bagian atas, dan mengakibatkan kulit lecet dan mengelupas.

Dosis dan Aturan Pakai Obat Naproxen memiliki efek samping secara umum, meliputi sakit perut, mulas ringan, diare, perut kembung, pusing, sakit kepala, gugup, penglihatan kabur, dan telinga berdengung. Akan tetapi, tidak semua orang mengalami efek samping atas penggunaan obat naproxen. Jika memiliki kekhawatiran tertentu mengenai efek samping yang ditimbulkan dari pemakaian obat naproxen, sebaiknya konsultasikan dengan Dokter atau petugas apotek.

Please follow and like us:

One thought on “Dosis dan Aturan Pakai Obat Naproxen”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *