Fungsi dan Aturan Pakai Acetaminophen

Fungsi dan Aturan Pakai Acetaminophen

Anda harus mengetahuinya beberapa fungsi dan aturan pakai Acetaminophen sebelum mengkonsumsinya. Acetaminophen atau yang dikenal dengan obat Paracetamol yang biasanya digunakan sebagai obat penghilang rasa nyeri mulai dari sakit kepala, nyeri sendi, nyeri saat flu ataupun sakit gigi bahkan Paracetamol biasanya juga dikonsumsi untuk menurunkan demam. Obat ini sering digunakan karena terbiasa dengan penggunaannya dan dirasa cukup efektif. Namun seringkali bisa saja nantinya obat tersebut bisa memberikan dampak yang kurang baik bagi tubuh Anda.

Berikut fungsi dan efek samping dari Acetaminophen

Mengetahui fungsi dan aturan pakai Acetaminophen sangatlah penting. Hal tersebut dilakukan agar penggunaan obat telah tepat untuk beberapa penyakit. Untuk itu akan dibahas beberapa fungsi dari Acetaminophen bagi tubuh Anda. Berikut ulasannya.

  1. Acetaminophen bisa digunakan untuk meredakan nyeri dengan intensitas rendah hingga sedang. Nyeri ini bisa saja terjadi pada seluruh bagian tubuh.
  2. Acetaminophen dapat diberikan kepada seseorang yang sedang mengalami demam. Karena obat tersebut akan efektif bagi pereda demam.
  3. Mengkonsumsi Acetaminophen mampu menurunkan produksi zat Postaglandin dalam tubuh. Zat tersebut jika terlalu banyak diproduksi oleh tubuh maka bisa mengakibatkan kerusakan jaringan dan bisa menyebabkan infeksi pada tubuh.

Memang secara umum Acetaminophen tidak memiliki efek samping yang cukup serius. Namun mungkin Anda akan merasakan beberapa efek samping berikut setelah mengkonsumsi Acetaminophen.

  • Kerusakan hati atau fungsi ginjal jika mengkonsumsi obat ini secara berlebihan.
  • Anda akan merasakan tekanan darah rendah dan memiliki detak jantung yang lebih cepat dibandingkan biasanya.
  • Terjadinya penurunan pada jumlah sel darah yang Anda miliki. Penurunan dapat terjadi pada sel darah merah ataupun pada sel darah putih.
  • Bisa mengakibatkan overdosis jika Anda mengkonsumsi obat ini sebanyak 10-15 tablet selama 24 jam.
  • Muncul ruam pada bagian tubuh sebagai efek dari pembengkakan yang mungkin terjadi sebagai efek samping dari obat ini.
  • Pada beberapa kondisi orang yang mengkonsumsi Acetaminophen bisa mengalami kesulitan bernafas hingga sesak nafas.
  • Dapat menimbulkan alergi yang akan membuat gatal pada bagian tubuh tertentu.
Baca Juga :  Dosis dan Aturan Pakai Obat Naproxen

Berikut aturan pakai Acetaminophen

Paham benar tentang fungsi dan aturan pakai Acetaminophen merupakan keharusan. Agar ketika Anda mengkonsumsinya maka Anda mengetahui aturan yang tepat. Karena seringkali penggunaan dosis untuk beberapa orang akan berbeda. Berikut merupakan aturan pakai Acetaminophen yang harus Anda patuhi.

  1. Acetaminophen bisa dikonsumsi oleh orang dewasa sebanyak 1-2 tablet setiap empat hingga enam jam. Pemakaian bisa diulang jika memang membutuhkan obat ini namun harus berselang empat sampai enam jam.
  2. Pemberian Acetaminophen pada anak-anak harus sesuai dengan anjuran dokter. Karena perbedaan usia dan berat badan akan mengakibatkan penggunaan dosis pada setiap anak akan berbeda.
  3. Obat ini bisa dikonsumsi pada saat sebelum makan maupun sesudah makan.
  4. Jangan mengkonsumsi obat ini melebihi dari aturan yang telah ditentukan. Karena mengkonsumsi Acetaminophen secara berlebihan bisa menyebabkan kerusakan organ hati.
  5. Jika melewatkan jam mengkonsumsi Acetaminophen jangan sekali-kali mengkonsumsi dua dosis sekaligus yang mana dimaksudkan untuk menggantikan waktu yang terlewat. Hal tersebut dapat menimbulkan kerusakan pada jaringan tubuh Anda.
  6. Jangan konsumsi Acetaminophen bersamaan dengan obat jenis lain karena hal tersebut bisa mengakibatkan turunnya efektivitas dari Acetaminophen. Untuk mendapatkan hasil terbaik konsumsilah Acetaminophen dengan obat lain setelah berjarak 1-2 jam.
  7. Meski tergolong aman namun obat ini dianjurkan untuk tidak dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui karena bisa mengganggu pertumbuhan anak. Namun untuk kondisi-kondisi tertentu bisa diberikan. Untuk itu sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter khusus jika obat ini akan dikonsumsi oleh ibu hamil atau menyusui.

Peringatan:

  • Bagi orang dewasa tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi Acetaminophen lebih dari 4 gr (4-8 tablet) selama 24 jam. Anda harus memperhatikan anjuran dokter untuk mengkonsumsi obat ini.
  • Jika terjadi alergi atau overdosis maka Anda bisa langsung segera menghubungi dokter.
  • Bagi anak-anak Anda harus memperhatikan dengan benar tentang dosis dan umur dari anak tersebut. Karena beberapa jenjang umur akan memiliki tingkat dosis yang berbeda.
  • Harap berhati-hati jika obat ini dikonsumsi oleh penderita gangguan hati, dehidrasi, gangguan ginjal atau orang yang sering mengkonsumsi minuman beralkohol.
  • Hentikan pemakaian jika setelah mengkonsumsi obat ini terdapat pembengkakkan pada bagian tubuh.
  • Mengkonsumsi obat ini secara berlebih dapat mengakibatkan nyeri perut dan gangguan pada lambung Anda.
Baca Juga :  Obat Ibuprofen, Meredakan Nyeri Kepala Hingga Sakit Gigi

Itulah beberapa fungsi dan aturan pakai Acetaminophen yang harus Anda ketahui. Jika aturannya sudah sesuai maka obat akan bekerja maksimal. Selain itu dengan mengetahuinya beberapa fungsi dari obat maka Anda bisa melakukan pengobatan secara tepat. Dan yang terpenting adalah Anda harus memperhatikan setiap efek samping yang mungkin akan diberikan oleh sebuah obat.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *