Makanan Perangsang Pertumbuhan Gigi Pada Bayi

Makanan Perangsang Pertumbuhan Gigi Pada Bayi – Pertumbuhan gigi pada bayi mesti tepat waktu. Namun jika pada usianya bayi masih belum menunjukan tanda tumbuh gigi, anda tidak perlu risau. Biasanya memasuki usia 6 bulan, bayi sudah mulai menunjukan tanda-tanda ingin tumbuh gigi. Anda hanya perlu menambahkan makanan yang tepat untuk merangsang proses pertumbuhannya. Dalam mempercepat pertumbuhan gigi, kita bisa memberikan asupan yang cukup untuk kalsium, fosfor, vitamin D, dan zat besi. Nutrisi tersebut ada pada beberapa jenis makanan.

Anda bisa memilih makanan tersebut sebagai menu MPASI. Beberapa bahan makanan bisa dikombinasikan dengan bahan lainnya dan juga bisa disajikan sebagai menu tunggal. Dari segi rasa pun disukai bayi karena tidak terlalu kuat. Secara tekstur pun mampu melatih motorik si kecil agar mampu mengunyah secara optimal. Nah, jika anda penasaran apa saja referensi makanan perangsang pertumbuhan gigi, berikut ini beberapa referensi bahan makanannya yang bisa anda berikan.

Berbagai Makanan Perangsang Tumbuh Gigi

1. Jeruk

Vitamin C yang ada pada jeruk begitu bagus untuk merangsang kesehatan tubuh anak. vitamin C mampu merangsang pertumbuhan gigi dan menjaga gusi agar tetap sehat. Selain jeruk, anda bisa memberikan jus jambu biji. Pastikan kadar pemberiannya tepat dan sesuai porsi agar tidak menimbulkan masalah lambung bagi bayi.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang hijau, kedelai, mete dan edamame memiliki kandungan protein dan kalsium yang tinggi. Kandungan tersebut begitu efektif merangsang pertumbuhan gigi. Teksturnya juga bagus untuk melatih motorik gerak di bagian mulut bayi. Anda bisa membuat bubur dari kacang tersebut agar mudah dicerna si kecil. Selain itu, pertumbuhan gigi juga semakin optimal dengan kandungan fosfor, zat besi dan seng pada jenis kacang tersebut.

Baca Juga :  Makanan Yang Dapat Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Bekerja

3. Daging dan hati

Di dalam daging dan hati terdapat vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks ini mampu menunjang pertumbuhan jaringan di gusi dan bakal gigi. Perkembangan organ bayi lainnya juga lebih optimal. Anda bisa memilih hati ayam dan sapi untuk dikonsumsi sehari-hari. Padukan dengan sayuran untuk mengoptimalkan asupan nutrisinya.

4. Ikan

Ikan yang bisa anda berikan untuk si kecil adalah ikan salmon, sarden, tuna. Ikan tersebut memiliki kandungan vitamin D. Vitamin D begitu baik untuk merangsang pertumbuhan gigi. Selain itu di dalam ikan tersebut juga terdapat zat besi yang baik untuk memproduksi sel darah merah sehingga pertumbuhan jaringan otot dan darahnya lebih maksimal. Pastikan anak tidak memiliki alergi terhadap jenis ikan tersebut.

5. ASI

ASI memiliki kandungan kalsium yang begitu tinggi. Kandungan kalsium ini begitu baik untuk merangsang pertumbuhan gigi. ASI begitu penting untuk mencegah kerusakan gigi dan pertumbuhan gusi yang lebih optimal. Berikan ASI secara eksklusif bersama dengan makanan pendampingnya. Selain itu pertumbuhan tulang juga lebih optimal dengan pemberian ASI yang cukup.

Nah itu dia sejumlah makanan yang bisa membantu si kecil agar giginya tumbuh tepat waktu. Semoga bermanfaat.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *