Pertolongan Pertama Demam Pada Bayi

Pertolongan Pertama Demam Pada Bayi – Demam merupakan kondisi yang paling sering dialami bayi. demam terjadi karena adanya reaksi tertentu dalam melawan bakteri atau virus. Selain itu, perubahan iklim dan beberapa gejala penyakit tertentu juga diawali dengan demam. Pertolongan pertama pada demam mesti tepat. sebab dari pertolongan pertama yang tepat, kita bisa lebih mudah dalam melakukan penanganan lebih serius. Jika suhu demam tidak segera diturunkan, dikhawatirkan bayi akan mengalami step atau kejang. Hal ini akan berdampak serius pada kesehatannya.

Banyak orang tua yang salah menangani bayi ketika demam. Akibatnya masalah tersebut justru semakin parah. Dokter pun makin kesulitan dalam meredakan demam. Memang ada beberapa kasus demam yang memerlukan penanganan serius. Namun ada pula demam yang bisa reda hanya dengan beberapa langkah sederhana. Jika anda penasaran bagaimana pertolongan pertama jika bayi mengalami demam, berikut ini beberapa tips langkah pertolongan pertamanya.

Berbagai Pertolongan Pertama Jika Bayi Demam

1. Kompres

Cobalah kompres air hangat pada area dahi, leher, ketiak serta dada. Kompres air hangat akan membuat pori-pori membuka dan tubuh lebih rileks. Hindari kompres menggunakan air dingin. sebab air dingin akan membuat tubuhnya mengigil. Anda bisa menggunakan plester kompres instant sekali pakai jika dalam keadaan terdesak.

2. Berikan ASI yang cukup

Demam juga bisa membuat si kecil mengalami dehidrasi. Agar hal tersebut tidak dialaminya, pastikan selalu berikan ASI dalam kadar cukup. ASI selain menyuplai makanan juga baik untuk menambah kuat antibodinya. Jika bayi sudah dalam tahap MPASI, berikan makanan pendamping dari cairan lain. Seperti air putih atau kuah sup.

3. Mandi air hangat

Mandi air hangat akan membantu si kecil lebih rileks. Selain itu uap panas yang dihirup si kecil aakn membantunya melancarkan pernafasan. Mandi air hangat juga bisa membuat tubuh si kecil selalu bersih. Risiko infeksi bakteri pun akan mudah dicegah dengan tubuh yang selalu bersih.

Baca Juga :  Penyebab Kulit Bayi Baru Lahir Berwarna Kuning

4. Kenakan pakaian yang nyaman

Ketika demam, pakaikan baju yang memiliki bahan menyerap keringat dan nyaman. Tempatkan si kecil di ruangan dengan suhu normal. Jika mengigil, gunakan selimut untuk menghangatkan tubuhnya. Dengan pakaian yang nyaman, proses penurunan demam akan lebih optimal.

5. Berikan obat yang tepat

Jika memang harus memberikan obat, pastikan pemberiannya tepat. Memberikan obat bisa melalui konsultasi dengan dokter. Dokter akan memberikan obat dengan takaran dan dosis yang tepat. Anda harus memberikan obat demam sesuai petunjuk dokter. Jangan sembarangan memberikan obat penurun demam pada bayi karena mengandung risiko yang lebih besar.

Dengan pertolongan yang tepat, demam yang dialami si kecil pun akan cepat turun. Jika tidak kunjung turun, segera bawa si kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *