TIPS dan Makanan dalam menjaga kesehatan mata

Tips Dalam Menjaga Kesehatan Mata

Mata Anda adalah bagian penting dari kesehatan Anda. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga mereka tetap sehat dan memastikan Anda melihat yang terbaik. Pemeriksaan mata yang teratur adalah cara terbaik untuk melindungi penglihatan Anda dan tindakan pencegahan yang mudah dilakukan. Nah berikut beberapa tips untuk membantu menjaga kesehatan mata yang bisa menjadi rekomendasi Anda.

  1. Lakukan pemeriksaan mata

Anda mungkin berpikir bahwa penglihatan Anda baik-baik saja atau mata Anda sehat. Tetapi, tidak ada salahnya untuk mengunjungi dokter dan melakukan pemeriksaan mata secara teratur. Ketika datang ke masalah penglihatan umum, beberapa orang tidak mungkin menyadari bahwa mereka bisa melihat lebih baik dengan kacamata atau lensa kontak. Selain itu, banyak penyakit mata yang umum seperti glukoma atau katarak yang tidak bisa dilihat oleh kasat mata. Pemeriksaan mata menjadi salah satu cara untuk mendeteksi penyakit ini pada tahap awal, lho.

2. Riwayat keluarga

Bicaralah dengan anggota keluarga Anda tentang riwayat kesehatan mata mereka. Penting untuk mengetahui apakah ada yang didiagnosis menderita penyakit atau suatu kondisi yang bisa menurunkan penyakit tersebut. Ini akan membantu Anda untuk menemukan seberapa besar resiko mendapatkan penyakit tersebut.

3. Berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko terkena diabetes dan kondisi sistemik lainnya, yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan, seperti penyakit mata diabetes atau glukoma. Jika Anda kesulitan mempertahankan berat badan yang sehat, bicarakan dengan dokter untuk mendapat jalan keluar yang terbaik.

4. Pakailah kacamata pelindung

Kenakan kacamata pelindung saat bermain olahraga atau melakukan kegiatan di sekitar rumah. Kacamata pelindung dirancang khusus untuk memberikan perlindungan yang benar untuk aktivitas tertentu. Sebagian besar lensa kacamata pelindung terbuat dari polycarbonate, yang 10 kali lebih kuat dari plastik lainnya. Banyak penyedia perawatan mata menjual kacamata pelindung.

5. Memakai kaca mata hitam

Terlalu banyak paparan sinar UV meningkatkan kemungkinan katarak dan degenerasi makula, lho. Untuk melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya, pilihlah kacamata hitam dengan perlindungan UVA dan UVB. Juga, mengenakan topi dengan pinggiran akan sangat mengurangi jumlah radiasi UV yang menyelinap di sisi kacamata hitam Anda.

6. Berhenti merokok

Merokok, sama buruknya bagi mata Anda seperti halnya bagi seluruh tubuh Anda. Merokok membuat mata Anda terkena stres oksidatif tingkat tinggi. Meskipun hubungannya belum diidentifikasi dengan jelas, diketahui bahwa merokok meningkatkan risiko berbagai kondisi kesehatan yang memengaruhi mata.

7. Istirahatkan matamu

Jika Anda menghabiskan banyak waktu di depan komputer atau berfokus pada satu hal, Anda terkadang lupa berkedip dan mata Anda bisa lelah. Cobalah aturan 20-20-20: Setiap 20 menit, pandanglah sekitar 20 kaki di depan Anda selama 20 detik. Ini dapat membantu mengurangi kelelahan mata.

8. Bersihkan tangan dan lensa kontak dengan benar

Untuk menghindari risiko infeksi, selalu cuci tangan dengan saksama sebelum memasukkan atau mengeluarkan lensa kontak Anda. Pastikan untuk mendisinfeksi lensa kontak sesuai petunjuk dan ganti sesuai kebutuhan.

9. Hindari Sering Menyentuh Mata Anda

Sering menyentuh mata merupakan salah satu penyebab mata rentan terhadap infeksi. Apa pun yang mengiritasi mata Anda dapat memengaruhi penglihatan Anda. Anda harus selalu membersihkan tangan sebelum menyentuh mata. Juga, jangan menggosok mata Anda dengan kuat. Ini dapat menyebabkan abrasi kornea (atau kornea tergores). Jika ada sesuatu yang masuk ke mata Anda, cucilah dengan larutan garam steril. Dan jika masalahnya berlanjut, segeralah ke dokter.

MAKANAN YANG BAIK UNTUK KESEHATAN MATA

Pasti Anda sering mendengar beberapa makanan yang sangat baik untuk kesehatan mata. Nah, makanlah beberapa makanan yang memang akan membantu Anda untuk meningkatkan kesehatan mata, seperti buah-buahan dan sayuran, terutama sayuran berdaun gelap seperti bayam, kangkung, atau collard greens. Penelitian juga menunjukkan kalau ikan omega- 3 seperti salmon, tuna, dan halibut, juga sangat baik untuk kesehatan mata, lho. Nah, dibawah ini ada beberapa daftar makanan yang sangat baik untuk kesehatan mata Anda:

Ikan

Mempertahankan gaya hidup sehat dapat membantu menurunkan risiko masalah mata. Banyak sekali ikan yang kaya akan minyak omega-3. Nah, ikan berminyak adalah ikan yang memiliki minyak dalam usus dan jaringan tubuh mereka. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa minyak ikan dapat membalikkan mata kering, termasuk mata kering yang disebabkan oleh menghabiskan terlalu banyak waktu di komputer. Omega 3 sangat bermanfaat lho untuk mata Anda. Ikan yang mengandung tingkat omega-3 adalah:

Ikan Tuna, Ikan Salmon dan Ikan Sarden

Kacang – kacangan

Kacang juga kaya akan asam lemak omega-3. Kacang juga mengandung vitamin E tingkat tinggi, yang dapat melindungi mata dari kerusakan terkait usia. Beberapa kacang-kacangan yang baik untuk kesehatan mata termasuk:

Kacang kenari, Kacang Brazil, Kacang Mete

Buah

Buah jeruk kaya akan vitamin C. Sama seperti vitamin E, vitamin C adalah antioksidan yang direkomendasikan untuk melawan kerusakan mata yang berkaitan dengan usia. Nah, buah yang kaya akan vitamin C antara lain:

Jeruk lemon, Jeruk, Anggur, Sayuran HIjau,

Sayuran Hijau

Sayuran hijau berdaun kaya akan lutein dan zeaxanthin dan juga merupakan sumber vitamin C yang ramah mata. Sayuran hijau terkenal meliputi:

Bayam, Kubis, Collard,

Wortel

Wortel kaya akan vitamin A dan beta karoten. Beta karoten memberi wortel warna oranye. Vitamin A berperan penting dalam penglihatan. Ini adalah komponen protein yang disebut rhodopsin, yang membantu retina menyerap cahaya. Penelitian tentang peran beta karoten dalam penglihatan dicampur, meskipun tubuh membutuhkan nutrisi ini untuk membuat vitamin A.

Ubi

Seperti halnya wortel, ubi kaya akan beta karoten. Mereka juga merupakan sumber antioksidan vitamin E.

Daging sapi

Daging sapi kaya akan seng, yang dikaitkan dengan kesehatan mata jangka panjang yang lebih baik. Seng dapat membantu menunda hilangnya penglihatan yang berkaitan dengan usia dan degenerasi makula. Mata itu sendiri mengandung kadar seng yang tinggi, khususnya di retina, dan jaringan pembuluh darah yang mengelilingi retina.

Telur

Telur merupakan sumber lutein dan zeaxanthin yang sangat baik, yang dapat mengurangi risiko kehilangan penglihatan terkait usia. Telur juga merupakan sumber vitamin C, E, dan seng.

Mata Anda adalah jendela Anda menuju dunia. Dan itulah mengapa penting untuk merawat mereka. Pilihan gaya hidup Anda dan stres sehari-hari dapat menyebabkan keriput, kemerahan, kekeringan, pembengkakan, dan lingkaran hitam. Ini juga dapat menyebabkan masalah serius dan menyebabkan hilangnya penglihatan. Itulah beberapa tips menjaga mata yang bisa Anda aplikasikan didalam kehidupan sehari-hari. Nah, untuk menghindari hal yang tidak baik untuk mata, mari kita jaga kesehatan mata mulai dari sekarang, ya!

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *