Tips Membuat Tidur Bayi Usia 1 Bulan Lebih Berkualitas

Tips Membuat Tidur Bayi Usia 1 Bulan Lebih Berkualitas – Pada fase usia 1 bulan, bayi memerlukan proses untuk tumbuh lebih optimal. Proses pertumbuhan bayi ini biasanya ditopang dengan seringnya ia tidur. Tidur merupakan upaya agar pertumbuhan bayi lebih maksimal. Metabolisme dan sel sarafnya juga akan berkembang pesat jika tidurnya berkualitas. Namun jika tidurnya saja terganggu, proses tumbuh kembang dikhawatirkan tidak maksimal. Maka ketika memasuki usia 1 bulan, anda mesti mengupayakan agar bayi tidur lebih berkualitas.

Membuat tidur bayi lebih berkualitas bisa dengan beberapa cara. Mulai dari memperhatikan faktor luar lingkungan, kondisi bayi, sampai bagaimana kondisi popoknya. Sebisa mungkin orang tua mesti meredam faktor penyebab terganggunya tidur bayi. untuk jadwal tidur juga mesti dibiasakan agar teratur sejak dini. Nah jika anda ingin memaksimalkan pertumbuhan si kecil, cobalah biasakan atur waktu tidur berkualitas pada bayi ketika sudah mulai 1 bulan. Berikut ini ulasan tips selengkapnya.

Tips Agar Tidur Bayi Usia 1 Bulan Lebih Berkualitas

1. Perhatikan popok bayi

Bayi yang bangun pada malam hari atau di sela-sela waktu tidurnya disebabkan karena popoknya yang basah. Reaksi tersebut sebenarnya cukup alami. Anda hanya perlu mengecek kondisi popoknya. Jangan sampai terlalu penuh atau basah karena akan membuat si kecil tidak nyaman dan mudah terbangun. Selain itu kondisi tersebut juga berisiko membuat bayi mengalami ruam popok.

2. Latih tidur

Agar tidur bayi lebih berkualitas, orang tua wajib melatihnya. Melatih tidur bisa dengan membiasakan jam tidurnya. Dengan cara tersebut, bayi akan terbiasa dengan jadwal hariannya. Anda bisa menumbuhkan kebiasaan tidur yang baik sehingga perkembangan tubuhnya lebih optimal. Cobalah perhatikan jam tidurnya dan buat jadwal sebaik mungkin.

Baca Juga :  Ciri-ciri Bayi Alergi Susu Formula

3. Berikan ASI

Ketika usianya baru 1 bulan, bayi memang akan lebih sering tidur. Namun anda mesti rajin memberikan ASI kepada si kecil. Selain tidur, asupan ASI yang maksimal akan membuat bayi lebih cepat tumbuh. Ketika bayi terbangun, anda bisa memberikannya ASI. Hindari menyalakan lampu terlalu terang. Biarkan bayi berada di ruangan remang-remang ketika sedang tidur agar lebih nyenyak.

4. Ketahui tanda bayi mengantuk

Ketahui dulu bagaimana tanda bayi mengantuk. Sebab jika anda sudah mengetahuinya, anda bisa langsung menanganinya secara tepat. Biasanya bayi yang mengantuk memiliki tanda-tanda rewel, sering mengusap mata, gerakan menurun, dan kerap menguap. Baringkan bayi atau cobalah berikan ASI sampai dia tertidur.

5. Bedakan siang dan malam

Ketika sudah anak-anak mungkin sudah bisa membedakan antara siang dan malam. namun bagi bayi usia 1 bulan tentu belum bisa. Anda mesti melatihnya agar bisa terbiasa dengan siang dan malam. dengan cara tersebut, jadwal tidurnya bisa direncanakan. Ketika siang hari anda bisa menidurkan bayi di kereta dorong dan letakan di ruangan yang terkena cahaya. Begitu pula sebaliknya ketika malam hari. dengan cara tersebut, siklus tidur bayi pun lebih teratur.

Itu dia sejumlah cara agar tidur bayi di usia 1 bulan lebih berkualitas sehingga pertumbuhannya lebih optimal. Semoga bermanfaat. 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *